Ruang Kuliah

Ruang dan/atau lapangan kuliah praktik olahraga yang bertujuan mengaplikasikan teori, konsep, prinsip, dan kaidah-kaidah di Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) tersebar pada beberapa gedung dan lapangan dalam kampus Universitas Negeri Malang, seperti tersebut pada tabel 1.

Lapangan Terbuka / Gedung Ruang Kuliah Praktik
Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO)
A. Lapangan Terbuka
Stadion UM Jl Gombong
  • Atletik
  • Sepakbola
  • Bolatangan
  • Sofball
Lapangan Tenis Lapangan Jl Gombong
  • Tenis Lapangan
Lapangan Bolavoli Pantai Jl Gombong
  • Bolavoli Pantai
Lapangan Bolabasket Jl Gombong
  • Bolabasket
Lapangan Sepak Takraw Parkir Timur
Gedung Sasana Krida Jl. Veteran
  • Sepak Takraw
Lapangan Bolabasket Jl. Surabaya
  • Bolabasket
Lapangan Bolavoli Jl Surabaya
  • Bolavoli
Kolam Renang
  • Renang
B. Gedung (Ruang Tertutup)
Gedung Sasana Krida UM Jl Veteran No 4
  • Senam
  • Bulutangkis
  • Pencaksilat
  • Yudo
  • Tenis Meja
I.103 (Pusat Kebugaran Jasmani)
  • Masase
  • Senam Erobik
I.104 (Pusat Kebugaran Jasmani)
  • Latihan Beban

Ada 3 (tiga) lokasi lapangan terbuka yang digunakan untuk perkuliahan praktikum Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO). Pertama pusat lapangan terbuka yang berlokasi di Jl Gombong, yang terdiri atas Stadion UM, Lapangan Bolabasket, Bolavoli Pantai, dan Tenis Lapangan yang dilengkapi tribun, kantin, kamar mandi dan WC, serta gudang peralatan. Stadion UM digunakan untuk praktik Atletik, Sepakbola, Bolatangan, Softball dan Permainan Olahraga Tradisional. Stadion UM sudah lengkap dengan infrastruktur drainase dengan luas 150 m x 86 m = 12.300 m2. Lapangan Bolabasket, Bolavoli Pantai, dan Tenis Lapangan yang dilengkapi tribun, kantin, kamar mandi dan WC, serta gudang peralatan beserta infrastruktur jalan dan drainase dengan luas 200 m x 80 m = 16.000 m2.

Saat ini dalam proses penyelesaian pembangunan Gedung Serba Guna (Convention Hall) untuk olahraga dan kegiatan lain, yang dapat menampung penonton lebih dari 5000 orang. Kedua lapangan Sepak Takraw, berlokasi di parkir timur Sasana Krida, Jl. Veteran 4. Lokasi Sasana Krida masih di sekitar Stadion UM, Jl. Gombong, hanya arahnya menghadap ke utara yang lebih dekat dengan Jl Veteran. Luas lapangan Sepak Takraw adalah 25 m x 25 m = 625 m2. Luas area Stadion UM Jl Gombong secara keseluruhan 300 m x 150 m = 45.000 m2. Ketiga lapangan Bolabasket dan Bolavoli yang berlokasi di Jl. Surabaya dengan sarana pendukungnya dengan luas 100 m x 50 m = 5.000 m2.

Gedung (Ruang Tertutup), yang pertama berlokasi di Jl. Veteran yaitu gedung Sasana Krida. Gedung Sasana Krida sudah dilengkapi dengan kamar mandi, WC, ruang ganti pakaian, dan ruang kantor untuk administrasi dengan luas 50 m x 40 m = 2000 m2. Gedung Sasana Krida dipergunakan untuk praktikum: Senam, Bulutangkis, Tenis Meja, Pencaksilat, Yudo, dan Beladiri. Kedua, berlokasi di Jl Surabaya gedung E2. 201 berukuran 18 m x 10 m = 180 m2, digunakan untuk Pusat Kebugaran Jasmani dalam praktik Senam Erobik, Latihan Beban, dan Tes & Pengukuaran Olahraga. Gedung C1.110 dengan luas 8 m x 8 m = 64 m2, yang sudah dilengkapi dengan kamar mandi dan WC, digunakan untuk praktik masase. Kolam Renang Lembah Dieng berlokasi Jl. Terusan Dieng milik swasta. Pengelolaan matakuliah renang bekerjasama dengan pihak swasta dengan sistem sewa.

Ruang dan/atau lapangan yang telah disebutkan di depan digunakan untuk kuliah praktik pada JIK, antara lain; (1) Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB), yang terdiri atas: Atletik, Senam, Renang, Bolavoli, Sepakbola, Bolabasket, Bulutangkis, (Pilih satu diantara: Tenis Meja, Softball, Tenis Lapangan, Golf, Arung Jeram), (Pilih satu diantara: Beladiri: Pencak Silat, Judo, Karate, dan Gulat), dan Olahraga Khusus; (2) Matakuliah Perilaku Berkarya (MPB), yang terdiri atas; T & Lulut Olahraga, dan Olahraga Adaptif. Sedangkan matakuliah PPL Kepala Unit PPL UM, demikian juga KKN dikelola oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat UM yang bekerjasama dengan intansi/lembaga yang ada di Kota/Kabupaten Malang.

Ruang dan/atau lapangan yang telah disebutkan di depan digunakan untuk kuliah praktik pada JPJK, antara lain; (1) Matakuliah Keahlian Berkarya (MKB), yang terdiri atas: Atletik 1, Atletik 2, Renang 1, Renang 2, Senam 1, Senam 2, Bolavoli 1, Bolavoli 2, Bolabasket 1, Bolabasket 2, Sepakbola 1, Sepakbola 2, Pencak Silat 1, Pencak Silat 2, Bulutangkis 1, Bulutangkis 2, Tenis Meja 1, Tenis Meja 2, Tenis Lapangan 1, Tenis Lapangan 2, Sepaktakraw, Bolavoli Pantai, Permainan Olahraga Tradisional; (MKB Pilihan), yang terdiri atas: Softball, Bolatangan, Judo, Penjas Adaptif, dan Pendidikan Kepramukaan; (2) Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB), (pilih satu praktik kepelatihan yang terdiri atas: Atletik, Renang, Bolavoli, Bolabasket, Sepakbola, Pencak Silat, Tenis Meja, Tenis Lapangan), dan Istruktur kebugaran Jasmani.

Sedangkan matakuliah PPL dan KKN pengelolaannya dilaksanakan oleh unit UPPL dan Unit KKN.